Sabtu, 20 Juni 2015

TOKOH PEREMPUAN *KHANSA*

KHANSA' Sastrawan Pendidik para syuhada

Khansa adalah salah seorang penyair perempuan Arab, cucu dari seorang penyair terkenal dimasa jahilya, Umru' Al-qais. Dia memeluk islam pada masa permulaan saat semua orang belum meyakini kebenaran ajaran Rasulullah Saw.

Khansa' dikenal sebagai perempuan yang memiliki peran besar dalam mendidik anak-anaknya yang kemudian dipersiapkan untuk maju ke medan perang. Salah satu wasiat yang disampaikan Khansa' kepada anak anaknya adalah "jika kalian melihat peperangan telah 'menyingkapkan betisnya' dan api telah melumat dahan-dahanya, maka pergilah kalian ke pusat apinya dan tahanlah rasa panasnya yang menyengat."

Suatu saat, sebelum anak anaknya berangkat ke medan perang, khansa' berpesan dengan menggambarkan Kesyahidan sebagai suatu perdagangan yang  menguntungkan. Dia berkata " Jika kalian melihat pasar kesyahidan telah ramai, dan medan perang mulai memanas,maka gunakanlah kesempatan itu sebaik baiknya. Tetaplah berada didalamnya dan jangan beranjak keluar meninggalkanya sampai kalian mendapat keuntungan berupa syahadah."keempat anaknya, satu persatu maju kemedan peran dan syahid. Mereka senantiasa mengingat wasiat wasiat ibu mereka.

Ketika mendengar keempat anaknya mati syahid, dia pun berkata "segala puji bagi Allah yang telah memuliakan aku dengan terbunuhnya mereka. aku berharap kepada Tuhanku agar kelak aku dikumpulkan bersama mereka dalam tempat yang penuh rahmat."


Dialah Khansa' yang membuat Rasulullah kagum mendengar syair-syair gubahanya. Seorang perempuan pemberani yang melahirkan syuhada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar