Senin, 25 Mei 2015

FALLACY OF DRAMATIC INSTANTCE

OLEH : BUNGA MUTIARA BATALIPU

Fallacy of dramatic instantce ( over generalisasi ) yaitu salah satu kesalahan berpikir yang paling banyak dipakai sebagian besar manusia. fallacy of instantce adalah konsep berpikir yang menggunakan pengalaman individu atau kelompok sebagai suatu tolak ukur kebenaran pada hal yang lebih umum atau universal.

sebagai contoh, pada sebuah kasus penelitian terhadap akibat penyiaran saluran TV internasional terhadap nasionalisme masyarakat. setelah penelitian dilakukan dengan adanya beberapa saluran internasional diTV nasional, ada seorang tokoh masyarakat atau aktivis yang memberikan pendapat bahwa dengan adanya penyiaran saluran-saluran tersebut tidak menggangu Rasa Nasionalismenya terhadap negara. Dengan mengambil pendapat dari individu tersebut sebagai penarikan kesimpulan dalam penelitian ini maka ini mengalami Fallacy of dramatic instantce.

ada juga contoh lain, dalam sebuah kasus ada pendapat yang menyatakan bahwa orang islam itu teroris, dengan alasan di timur tengah kebanyakan dari pelaku terorisme adalah umat islam. Di negara indonesia juga teroris kebanyakan dari orang orang islam. maka pengambilan keputusanya adalah orang islam.

atau dalam contoh yang lebih sederhana dapat dijabarkan seperti :
andi adalah murid SMA N 1 yang pintar
mitha adalah murid SMA N 1 yang pintar
semua murid SMA 1 adalah pintar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar